Thursday, 16 September 2010

10 jenis makanan sahabat kolesterol


Sering repot menghadapi kandungan kolesterol darah yang naik turun? Atau tak tahu makanan apa yang bisa merendam kenaikan kadar kolesterol darah? Ternyata alpukat dan berbagai kacang-kacangan tetap bisa Anda makan. Coba saja intip info kompletnya di sini!

Strategi dalam memilih dan mengkonsumsi makanan dapat menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) yang terkenal jahat, dan menjaga HDL (High Density Lipoprotein ) yang baik untuk tubuh. Kestabilan kadar kolesterol dalam darah dapat membantu menurunkan resiko terserang jantung dan juga stroke. Jika Anda tergolong orang yang tidak menjaga konsumsi makanan dengan cermat, mulailah berlatih. Berbagai jenis makanan berikut ini dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Kacang KedelaiUntuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah gunakan produk-produk dengan berbahan dasar kedelai, seperti tahu, tempe, susu kedelai, tofu dan lain-lain. Kandungan lemak tak jenuhnya sangat baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Mengapa lemak jenuh tidak baik untuk jantung? Karena lemak jenuh memacu hati memproduksi kolesterol dalam darah yang kemudian bisa memicu terjadinya serangan jantung.

Kacang-kacangan
Tidak ada makanan lain yang mengandung serat tinggi serta rendah kolesterol bersamaan selain kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi secangkir kacang (segala jenis kacang) dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10% selama 6 minggu. Kandungan soluble fiber ini juga banyak terkandung dalam beras merah, apel, gandum, dan beberapa jenis buah-buahan dan sayuran.

Ikan Salmon
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa beberapa jenis lemak dapat mencegah tingginya kadar kolesterol. Asam lemak omega 3 adalah salah satunya, yang banyak terkandung dalam ikan salmon. Untuk memperbanyak asam lemak omega 3 selain dari salmon bisa memilih ikan herring, mackerel, sarden, atau tuna.

Alpukat
Alpukat merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Jenis lemak inilah yang meningkatkan kadar HDL dalam darah yang sangat baik untuk kolesterol dan rendah LDL yang memicu tingginya kolesterol dalam darah. Meski baik bagi kesehatan, alpukat ini sangat kaya akan kalori. Untuk menyiasatinya kombinasikan alpukat dengan makanan lain yang kaya kan rempah.

Bawang Putih
Bawang putih sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu di berbagai kultur di dunia. Orang Mesir kuno percaya bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih dapat meningkatkan stamina. Kini, bawang putih dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah tinggi, dan juga menjaga tubuh dari infeksi.

Bayam
Bayam yang kaya akan kandungan lutein, pigmen berwarna kuning yang banyak ditemukan dalam daun pada sayuran hijau dan juga kuning telur. Lutein ini sudah sangat dipercaya dapat melawan age-related macular degeneration, yang mejadi penyebab kebutaan. Bayam merupakan sumber lutein tertinggi, konsumsilah bayam setiap hari untuk untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

Maragarine
Dua buah blok margarin sudah dibuktikan dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dapat dilakukan dengan dengan memblokir penyerapan kolesterol yang terkandung dalam makanan.

Walnut, Cashew, Almond
Mulailah mengkonsumsi berbagai jenis kacang, karena lemak tidak jenuh (monounsaturated fats) banyak ditemukan dalam kacang-kacangan. Bahkan sampai dua kali lipatnya dan sangat baik bagi jantung sebagai low-fat diet. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, magnesium, dan juga phytochemicals yang berkaitan erat dengan kesehatan jantung. Sedangkan walnut kaya akan omega 3. Orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin hanya memiliki sedikit kemungkinan terkena penyakit jantung dan penyakit ain dibandingkan dengan orang yang tidak megnkonsumsi.

Meski sangat baik bagi kesehatan, kacang juga sangat tinggi akan kalori. Untuk menyiasatinya, taruhlah cincangan kacang dalam kulkas dan campurlah 2 sendok makan kacang tadi dalam sereal, sayur, salad, ataupun yoghurt setiap hari.

Teh
Minuman super enak disajikan hangat dan dingin Teh, disajikan dalam kondisi hangat atau dingin tetap mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Sudah banyak penelitian telah membuktikan bahwa teh dapat menjaga syaraf dalam tubuh dalam kondisi yang rileks dan juga mencegah darah menggumpal.

Cokelat: Bonus manis untuk jantung
Ingin membantu kondisi jantung lebih baik, ada baiknya mengkonsumsi permen cokelat ataupun cokelat batangan. Sebaiknya memilih dark chocolate karena jika dibandingkan dengan milk chocolate, dark chocolate memiliki 3 kali lebih banyak antioksidan. Flavonoid antioksidan ini menjaga agar darah tetap lancar dan tidak menggumpal yang menyebabkan saluran darah tersumbat. Milk Chocolate juga baik untuk tubuh, memiliki antioksidan lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah. Sedangkan cokelat putih justru tidak memilikinya sedikit pun. Kadar flavonoid pada cokelat sangat beragam, tergantung di mana ia tumbuh dan bagaimana cara mengolahnya.

Nah, ingin menjaga kadar kolesterol Anda? Mulailah mengkonsumsi jenis makanan di atas guna menghambat peningkatan kadar kolesterol Anda.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

Search box

About Author

Footer