Thursday, 16 September 2010

Kacang bisa turunkan Kolesterol Jahat


Kalau bingung mencari cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah, mungkin cara ini bisa Anda coba. Dengan mengkonsumsi kacang jenis apapupn setiap harinya ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tak sedikit orang yang menghindari kacang dengan alasan yang beragam. Yang paling banyak dikeluhkan adalah rasa ngilu yang didapat setelah makan kacang karena mungkin orang tersebut memiliki kadar asam urat yang tinggi. Atau ada juga yang menggunakan alasan karena takut jerawatan.

Diluar itu semua, ternyata kacang memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di New York, Amerika dengan mengkonsumsi sekitar 2 kantung snacks kacang setiap hari ternyata membantu menurunkan kolesterol jahat 'LDL' dalam darah sekaligus meningkatkan kolesterol baik 'HDL' dalam tubuh.

Peneliti telah mengumpulkan 25 hasil uji klinis yang melibatkan 583 peserta. Berdasarkan hasil penelitian didapat fakta bahwa dengan mengkonsumsi 2,4 ons kacang jenis apapun ternyata dapat menurunkan sekitar 10,2 miligram per desiliter kolesterol jahat dalam darah. Berarti kadar tersebut turun sekitar 7,4% dari total kolesterol normal.

"Kacang kaya akan lemak tak jenuh, dan merupakan pendorong utama dalam menurunkan kolesterol," ujar Dr. Joan Sabate, profesor gizi di School of Public Health di Loma Linda University di California. "Kacang juga sebagai sumber protein terkaya di kelas tanaman. Selain itu kacang juga mengandung serat dan pitosterol. Kesemua nutrisi ini mampu menurunkan kolesterol," terang Joan.

Penurunan kadar kolesterol ini sangat terlihat pada mereka yang memiliki kadar LDL (kolesterol 'jahat') yang cukup tinggi namun tidak memiliki masalah dengan obesitas. Semakin banyak kacang yang dikonsumsi, akan semakin baik hasil yang dirasakan.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

Search box

About Author

Footer